Masalah Syari'ah

Selasa, 07 Agustus 20120 komentar

Dalam masalah syariah, ketat memang. Kau kan temukan dia tidak pandang buku, teguh dan kokoh. Sehingga terdidiklah para shahabat untuk memegang sempurna. Meski demikian, tak menjamin tak ada beda dalam penerapannya. Misal, Abu Hurairah riwayatkan: bismillah itu jahr dalam shalat. Sedang Anas bin Malik justru sebut sebaliknya. Begitupun kisah dua orang yang mendapat perintah untuk pergi ke sebuah kota dan dilarang henti sebelum sampai di sana. Ketika dalam perjalanan, adzan kumandang. Keduanya berdiskusi, tapi tak bertemu sepakat. Sehingga, satu tetap berjalan. Satu, menjeda dan dirikan shalat. Hal itu diadukan pada Rasul, dan tidak ada yang disalahkan. Inilah kemudahan atas perbedaan pendapat. 

Kebanyakan bentrokan akhir-akhir ini karena membela masalah furu', bukan ushul. Membela perkara sunnah seperti hitam-putih, padahal sangat mungkin di mata Allah, pendapat-pendapat itu diterima. Lagipula, lihatlah dalam perspektif baru, fiqhud dakwah. Untuk kemashlahatan Islam, kadang kita perlu melakukan sesuatu yang “melawan” syariat. Contoh: ketika di Madinah tengah direncanakan Futtu Makkah, seseorang mendengar dan mengirim orang untuk mengabari keluarganya di Makkah. 

Rasulullah mengetahui situasi dan mengirim dua orang untuk mencegahnya. Khawatir bocor rencana ke telinga orang kafir di sana. Maka, dikirimkanlah Ali bin Abi Thalib dan Zubair bin Awwam, yang kemudian menemukan wanita yang sedang mengantarkan surat berisi kabar. Lalu, dimintalah surat itu, tapi wanita itu berbohong, mengaku tidak membawa. Ali mengancamnya, memaksanya mengaku, bila tidak mengaku akan dilucuti pakaiannya. Wanita itu gentar, lalu mengakui dustanya. 

Dalam Islam, perbuatan Ali tidaklah benar. Tapi lihat konteks keadaan dan apa yang terjadi bila wanita itu dibiarkan. Kaidah fiqih tidak boleh dilupakan: mengambil mudharat yang lebih kecil dibolehkan atas mudharat yang lebih besar. 

Allahu a'lam....
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Asa Mulchias | Creating Website | Mas Kolis
Copyright © 2012. Asa Mulchias - All Rights Reserved
Template Website by Mas Template
Powered by Blogger